Monday, October 3, 2016

Contoh Esai tentang Diet untuk Remaja

Contoh Esai tentang Diet untuk Remaja

ESSAY
“Diet untuk Remaja (Diet for Teenagers)”

Latar Belakang

Diet adalah kegiatan yang dilakukan seseorang dalam rangka menurunkan berat badan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, diet berarti aturan makanan khusus untuk kesehatan dan biasanya dilakukan atas petunjuk dokter atau konsultan. Secara umum, diet merupakan usaha seseorang untuk menurunkan badan dengan mengatur pola makan dan mengatur asupan nutrisi tertentu.
Dalam masyarakat, diet sudah sangat populer dan menjadi budaya terutama di kalangan wanita. Wanita akan merasa lebih cantik apabila tidak gemuk. Maka cara yang dipilih untuk menurunkan berat badan mereka adalah diet.

Jika dilihat dari cara dan akibatnya terhadap tubuh, diet dapat dibedakan menjadi 2, yaitu diet sehat dan diet tak sehat.

Diet tidak sehat tak jarang dilakukan oleh seseorang yang hanya memikirkan untuk ingin menguruskan badan dan tidak mempertimbangkan kebutuhan gizinya sendiri. Ini sering terjadi di kalangan remaja hanya untuk sekadar sosialisasi agar tidak kehilangan status. Remaja melakukannya untuk kesenangan agar bisa berinteraksi dengan teman sebayanya serta agar tidak kehilangan status tanpa memikirkan gizi dan dampaknya bagi tubuh mereka.

Bentuk diet yang tidak sehat salah satunya adalah diet instan. Diet instan adalah cara yang mudah dan cepat dilakukan untuk menurunkan berat badan, tanpa perlu melakukan hal yang berat seperi olahraga. Diet instan ini dapat dilakukan dengan cara antara lain meminum obat pelangsing badan, muntah disengaja, juga melewatkan waktu makan dengan sengaja tanpa resep gizi yang jelas dari dokter atau konsultan. Banyak efek negatif yang terjadi jika melakukan diet instan ini. Pelaku dapat mengalami kekurangan nutrisi, mudah lelah, anemia, daya tahan tubuh menurun, hingga dapat menyebabkan gangguan organ dalam seperti ginjal, hati maupun jantung.

Diet instan sangatlah berisiko untuk tubuh, terutama untuk remaja yang sedang dalam puncak masa pertumbuhan. Masa pertumbuhan pada remaja menuntut kebutuhan nutrisi yang tinggi agar pertumbuhan maksimal. Oleh karena itu, diet sehat yang mengutamakan gizi dan kesehatan sangat baik untuk remaja.
Diet sehat, murah dan bermanfaat yang dapat dijalani oleh semua orang terutama remaja antara lain adalah makan teratur dengan porsi yang cukup, banyak mengonsumsi buah dan sayur, perbanyak minum air putih, berolahraga teratur. Serta jika mempunyai cukup uang, konsultasikanlah keadaan tubuh ke dokter atau konsultan agar diet lebih terarah. Karena lebih baik menghabiskan sedikit uang agar penampilan terjaga secara sehat daripada menempuh cara instan yang membahayakan kesehatan.

Pertanyaan

1. Apakah Anda pernah melakukan diet?(jika tidak lanjut pertanyaan nomor 7)
2. Kapan Anda melakukan diet?
3. Kenapa Anda melakukan diet?
4. Bagaimana cara Anda menjalani diet?
5. Apa efek dari diet Anda?
a.Sosial(hubungan dengan teman/kerabat Anda setelah diet)
b.Biologis(apakah diet yang anda lakukan berhasil)
c.Ekonomi(lebih hemat ketika diet atau sebaliknya)
6. Jika Anda sudah berhenti, kenapa?
7. Kenapa Anda tidak diet?
8. Pentingkah menurut anda diet untuk kalangan remaja?(pertanyaan untuk semua responden)

Artikel Terkait

Contoh Esai tentang Diet untuk Remaja
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda Untuk Meningkatkan Kualita Blog Ini Dengan Cara : Tidak Spam dan Berkatalah yang Sepantasnya.