Friday, September 15, 2017

Rotan : Pengertian, Jenis, Budidaya, Sifat, dan Pemanenan

Rotan : Pengertian, Jenis, Budidaya, Sifat, dan Pemanenan


Rotan

Pengertian Rotan

Rotan merupakan tumbuhan khas tropika yang tumbuh di kawasan hutan tropika basah heterogen. Rotan merupakan tanaman famili Palmae yang tumbuh memanjat (Lepidocaryodidae).

Pemanfaatan rotan untuk dijadikan produk sangat ditentukan oleh kekuatan rotan tersebut selain keawetannya. Nilai suatu jenis rotan untuk keperluan produk sangat ditentukan oleh kekuatannya menahan beban yang bekerja pada saat produk tersebut digunakan. Kekuatan rotan penting diketahui, sebab bagaimanapun awetnya suatu jenis rotan, penggunaanya tidak berarti jika kekuatannya rendah. Nilai kekuatan ditentukan oleh kerapatan, MOE, MOR

Tipe Rotan

Rotan berdiameter kecil
berdiameter <18 mm="" nbsp="" p="">Contoh: Calamus caesius Blume (Rotan Saga)
Rotan berdiameter besar
berdiameter >18 mm
Contoh: Calamus manan Miquel (Rotan manau).


Jenis Rotan

Genus:


  1. Calamus
  2. Daemonorops
  3. Khorthalsia
  4. Plectocomia
  5. Plectocomiopsis
  6. Calopspatha
  7. Bejaudia
  8. Ceratolobus
  9. dll.


Yang Dibudidayakan:


  1. rotan manau (C. manan) 
  2. rotan sega (C. caesius)
  3. rotan irit (C. trachyvoleus)
  4. rotan semambu (C. scipionum)
  5. rotan tohiti (C. inop)
  6. rotan batang (C. zolingeri/ Daemonorops robustus)


Potensi Rotan

Sifat Rotan

Tanaman rotan umumnya hidup berumpun. Dalam kondisi alami, tanaman ini pada awalnya tumbuh secara menjalar di atas permukaan tanah lalu kemudian berkembang dengan memanjat dan melilit pada batang pohon yang ada di sekitarnya.

Sifat fisis dan mekanis merupakan sifat yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan pemakaian rotan, terutama yang berhubungan dengan kekuatan menahan beban. Beberapa jenis rotan berdiameter besar yang termasuk rotan kuat dan biasa dijadikan kerangka mebel adalah manau, batang, tohiti, mandola, semambu, tarumpu, dan sampang. Rotan yang berdiameter kecil dimanfaatkan bagian kulitnya untuk anyaman dan pengikat komponen mebel dengan persyaratan memiliki kekuatan tarik yang tinggi, sehingga pemakaiannya mampu menahan beban  Nilai kekuatan ditentukan oleh kerapatan, MOE, MOR

Tempat tumbuh rotan pada umumnya di daerah yang berawa, tanah kering, hingga tanah pegunungan.
Tingkat ketinggian tempat untuk tanaman rotan dapat mencapai 2900 mdpl. Semakin tinggi tempat tumbuh, maka rotan semakin jarang dijumpai. Rotan juga akan semakin sedikit di daerah yang berbatu kapur.

Pada pangkal batang tanaman rotan terdapat bonggol. Batang tanaman ini tumbuh tegak kearah atas sampai kurang lebih mencapai ketinggian sekitas 2-2,5 meter. Setelah mencapai ketinggian itu batang rotan akan melengkung. Seperti tanaman bambu, rotan juga beruas ruas dengan ukuran antara 15-30 cm. Tanaman rotan berwarna hijau ketika usianya masih muda dan berubah menjadi kuning seiring dengan meningkatnya kedewasaan tanaman. Namun ada pada sebagian jenis rotan yang tidak berubah warna dan tetap berwarna hijau hanya saja warna hijaunya semakin gelap.

Karakter tanaman rotan berbeda dengan tanaman bambu yang ramah saat dipanen, rotan dilindungi oleh pelepah berduri pada pada seluruh batangnya. Secara umum, komposisi kimia rotan terdiri dari holoselulosa, selulosa, lignin, dan silika. Batang akan berubah warna menjadi putih setelah selaput silika terkelupas. Kelemahan rotan yakni mudah terserang hama.

Budidaya Rotan


  • Generatif : Biji
  • Vegetatif : Pucuk daun, Akar, Batang

Pengadaan Biji

Pengumpulan Buah
Buah rotan masak pada umumnya memiliki warna hijau kekuningkuningan, kemerah-merahan (rotan irit), dan coklat kehitaman (rotan manau). Biji yang sudah tua berwarna coklat kehitaman dan keras. Selain itu akan banyak dijumpai sisa kulit buah di bawah pohon induk. Musim buah rotan masak pada umumnya adalah di awal musim kemarau, akan tetapi berbeda-beda untuk setiap jenis rotan dan tempat tumbuh.

Penanganan Buah
Buah yang telah dipetik dimasukkan ke dalam karung goni basah. Di lokasi pembibitan, buah kemudian direndam hingga kulit dan daging buah membusuk. Kulit dan daging buah ini kemudian dibuang. Biji/benih rotan umumnya tidak dapat disimpan lama sehingga biji yang sudah bersih sebaiknya langsung disemai di bedeng tabur atau ditanamkan pada kantong plastik yang telah diisi media tanam.

Persiapan Persemaian


  • Lapangan datar atau miring
  • derajat kemiringan maksimum 5 %
  • bebas dari genangan air 
  • bebas dari hama penyakit
  • dekat dengan sumber air.


Pembuatan Bibit

Biji rotan dapat dikecambahkan dalam keranjang, disimpan ditempat yang lembab dan disiram setiap hari. Setelah kecambah berumur 1 bulan, ditanam di bedeng pembibitan dengan jarak tanam 20 cm x 20 cm.
Biji rotan dikecambahkan di bedeng penaburan. Untuk biji besar (seperti rotan manau), biji ditanam dalam larikan dengan jarak 2 cm x 4 cm; sedangkan untuk biji kecil (seperti rotan sega/irit) dapat ditabur biasa. Setelah biji berkecambah, sebelum daun pertama mengembang, langsung dipindah ke kantong plastik yang telah dilubangi di bagian pinggir bawah dan medianya disiram terlebih dahulu. Kantong-kantong plastik ini kemudian diletakkan di pelataran bedeng sapih dan di bawah atap. Bibit dirawat di persemaian sampai dengan umur 8-12 bulan.

Biji rotan langsung dikecambahkan dalam kantong plastik yang telah diberi lobang di bagian pinggir bawah dan diisi media tanam yang telah disiram terlebih dahulu. Bibit dirawat di persemaian sampai dengan umur 8-12 bulan.

Penanaman

Penanaman dilakukan pada waktu pagi hari, sore hari atau saat cuaca mendung/berawan. Waktu penanaman sebaiknya pada saat curah hujan sudah cukup banyak dan merata.

Pemeliharaan

Penyiangan
Penyiangan dilakukan secara teratur, setiap 3 bulan sampai tanaman berumur 3 tahun

Penyulaman
Penyulaman dilakukan di areal penanaman yang persentase tumbuhnya di bawah minimum yang dipersyaratkan. Biasanya dilakukan di musim hujan dengan menggunakan bibit yang ada di persemaian.

Perlindungan terhadap hama dan penyakit
Beberapa jenis rotan (seperti manau, sega, dan irit) rentan terhadap serangan hama, larva kumbang, belalang, maupun ulat dan jamur.

Perlindungan terhadap kebakaran
Pembuatan jalur kuning yang dikombinasikan dengan jalur hijau, pembuatan menara api di tempat yang tinggi dan strategis, dan perlengkapan tanda bahaya seperti kentongan.

Pemanenan Rotan

Persiapan
Pemanenan Rotan


  • Alat : parang atau kampak
  • Waktu : 09.00-15.00 
  • Sistem pemanenan : tebang pilih yaitu rotan yang sudah  masak  tebang  saja  yang dipungut


Ciri Rotan Siap Panen


  1. daunnya  kering
  2. kulit luar  rotan  sudah  berwarna  kekuning-kuningan
  3. minimal  panjang  rotan mencapai > 17 meter
  4. kulit luar rotan sudah kering. 


Cara Pemanenan


  1. Penebangan rotan dimulai dengan membersihkan duri dan pelepah daun yang menempel pada batang rotan. Pembersihan duri dan pelepah daun dilakukan  dengan  menggunakan parang (+ 2 m), agar mudah memegang  dan menarik  rotan tersebut. 
  2. Menebang rotan tersebut kira-kira 1 (satu)  meter  dari pangkal batang  dan kemudian  menarik  rotan  tersebut sampai keseluruhan panjang rotan terbebas dari pohon tempatnya melilit.
  3. Pemanen membersihkan rotannya dengan menggunakan parang. 


Daftar Pustaka

Badan Pusat Statistik. 2015. Statistik Produksi Kehutanan. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Gautama, Iswara. 2008. Analisis Biaya Dan Proses Pemanenan Rotan Alam Di Desa Mambue  Kabupaten Luwu Utara. Jurnal Hutan dan Masyarakat Vol 3 (1), hal 48.
Abdurrahman dan Jasni. 2015. Penggolongan Performans 25 Jenis Rotan Indonesia, berdasarkan kerapatan, kekakuan, dan kekuatan. Jurnal Penelitian Hasil Hutan Volume 33 No. 4.
Pertiwi, Tyana Puji. 2017. Eksplorasi Material Rotan Pitrit Menggunakan Metode Eksplorasi Fisik.  Jakarta : Telkom University.
Yuniarti, Karnita. 2006.  Teknologi Budidaya dan Pengolahan Rotan dan Bambu. Kupang: Prosiding Ekspose Hasil-hasil Penelitian,







Artikel Terkait

Rotan : Pengertian, Jenis, Budidaya, Sifat, dan Pemanenan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

March 2, 2018 at 2:34 PM delete

Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat sekali.
Jangan lupa untuk mengunjungi website kami di
http://www.drumbandmurah.com/

Reply
avatar

Tambahkan Komentar Anda Untuk Meningkatkan Kualita Blog Ini Dengan Cara : Tidak Spam dan Berkatalah yang Sepantasnya.