Friday, April 1, 2016

Jenis, Topologi, Komponen, Peralatan, Protokol, dan Cara Kerja Jaringan Komputer dan Modem

Jenis, Topologi, Komponen, Peralatan, Protokol, dan Cara Kerja Jaringan Komputer dan Modem


1. Jenis Jaringan


Jaringan komputer ada tiga jenis,antara lain sebagai berikut:

  1. Local Area Network (LAN)
  2. Metropolitan Area Network (MAN)
  3. Wide Area Network (WAN)


Local Area Network (LAN)

Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) adalah suatu jaringan yang menggabungkan antara perangkat keras dengan perangkat lunak setiap komputer dengan menggunakan data yang sama dan mempunyai kecepatan transfer data tinggi agar dapat saling berkomunikasi dalam area kerja tertentu.Umumnya,jarak jaringan ini tidak lebih dari 1 km.


Metropolitan Area Network (MAN)

Metropolitan Area Network (MAN) merupakan system jaringan komputer yang mempunyai area kerja antar kota dalam satu provinsi.Area jaringan MAN lebih besar daripada area jaringan LAN.
Metropolitan Area Network (MAN)


Wide Area Network (WAN)

Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network adalah jaringan komputer yang ruang lingkupnya mencapai antar provinsi bahkan antar negara.Biasanya jaringan ini menggunakan sarana satelit atau kabel bawah laut.

2.  Komponen Perangkat Keras Untuk Pembangunan Jaringan.


Komputer untuk server


  1. Komputer untuk workstation (client)
  2. LAN Card atau NIC (Network Interface Card)
  3. HUB
  4. Kabel UTP, dan Konektor RJ 45

Selain komponen perangkat keras diatas, peralatan lain yang dibutuhkan untuk meningkatkan atau memperluas jaringan adalah sebagai berikut:

  1. SWITCH
  2. REPEATER
  3. BRIDGE
  4. ROUTER
  5. GATEWAY


3. Topologi Jaringan

Topologi adalah suatu cara menghubungkan perangkat telekomunikasi yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk jaringan.

Jenis topologi yang dipilih akan mempengaruhi kecepatan komunikasi. Untuk itu maka perlu dicermati kelebihan dan kekurangan dari masing ‐masing topologi berdasarkan karakteristiknya. Contoh :

  1. Topologi Bus
  2. Topologi Star (Bintang)
  3. Topologi Ring
  4. Topologi Tree
  5. Topologi Mesh


Topologi Bus

Disebut juga dengan linier bus karena hubungannya hanya melalui satu kabel yang linier. Topologi bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.
Topologi Bus



Topologi bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.

Topologi Star

Topologi star digunakan dalam jaringan yang padat, ketika endpoint dapat dicapai langsung dari lokasi pusat, kebutuhan untuk perluasan jaringan, dan membutuhkan kehandalan yang tinggi. Topologi ini merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung ke centralpoint. Jadi bila ada salah satu komputer atau perangkat yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi yang lainnya (jaringan).
Topologi Star


Topologi Ring

Topologi cincin adalah topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin.
Topologi Ring


Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan. Topologi ring digunakan dalam jaringan yang memiliki performance tinggi, jaringan yang membutuhkan bandwidth untuk fitur yang time-sensitive seperti video dan audio, atau ketika performance dibutuhkan saat komputer yang terhubung ke jaringan dalam jumlah yang banyak.

Topologi Tree

Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer .
Topologi Tree


Topologi Mesh

Topologi jala atau Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju.
Topologi Mesh


Dengan demikian maksimal banyaknya koneksi antar perangkat pada jaringan bertopologi mesh ini dapat dihitung yaitu sebanyak n(n-1)/2. Selain itu karena setiap perangkat dapat terhubung dengan perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan maka setiap perangkat harus memiliki sebanyak n-1 Port Input/Output (I/O ports). 

4. Peralatan Jaringan

Hubungan komunikasi antar komputer harus menggunakan suatu peralatan yang dipasang dalam system jaringan.Peralatan tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Kartu Antarmuka Jaringan (Network Interface Card), Sering disebut juga adapter merupakan peralatan utama yang harus ada untuk menunjang komunikasi antarkomputer
  2. Media Penghubung Jaringan
  3. Kabel KOAKSIL, Tersusun dari sebuah konduktor ini dari tembaga yang dilapisi tiga pembungkus.
  4. Selat OPTIK, Terbuat dari plastik atau kaca yang berfungsi sebagai transmisi sinyal yang berbentuk cahaya.


Jaringan Menggunakan Kabel (wired network)

Ada beberapa macam kabel yang sering digunakan pada jaringan komputer, antara lain sebagai berikut:

  1. Kabel UTP, Jangkauan frekuensi antara 100hz sampai 5mhz.tersusun atas sepasang konduktor yang terbungkus plastik.
  2. Kabel STP, Kabel STP hampir sama dengan kabel UTP, hanya saja memiliki pembungkus rangkap.


Jaringan Tanpa kabel (Wireless Network)

Jaringan Tanpa Kabel
Pada jaringan ini tidak menggunakan kabel, sehingga sinyal yang diberikan yang berupa gelombang elektromagnetik. Jaringan tanpa kabel mempunyai berbagai manfaat, yang telah umum dikenal adalah kantor portable. Orang yang sedang dalam perjalanan seringkali ingin menggunakan peralatan elektronik portable-nya untuk mengirim atau menerima telepon, fax, e-mail, membaca fail jarak jauh login ke mesin jarak jauh, dan sebagainya dan juga ingin melakukan hal-hal tersebut dimana saja, darat, laut, udara.


5. Protokol Jaringan

Protokol untuk system jaringan dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

  1. Protokol Komunikasi Antar peralatan Jaringan, Mampu mengatur bentuk dan jenis data yang dikirim, menentukan besaran listrik yang digunakan.
  2. Protokol dari Sistem Operasi yang digunakan, Sistem operasi netware menggunakan protokol utama IPX/SPX

      

6. Cara Kerja Jaringan

Tipe jaringan terdiri atas:

  1. jaringan berbasis Server, disebut juga client-server terdiri atas server yang biasanya menggunakan sistem windows 2000 server.
  2. jaringan peer to peer, setiap komputer dapat membuat account user dan berbagai sumber. contohnya windows 98,windows NT workstation dan windows 2000 profesional.


7. Modem (Modulator demodulator)

Modem adalah sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan data dalam dalam bentuk gelombang elektromagnetik dari satu komputer ke komputer lain atau alat untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya.Terdapat dua jenis modem yaitu:

  1. Modem internal
  2. Modem eksternal

Merek modem yang anda temukan di pasaran antara lain:

  • Robotic
  • Prolink
  • Rockwell
  • TP-Link
  • D-Link

Artikel Terkait

Jenis, Topologi, Komponen, Peralatan, Protokol, dan Cara Kerja Jaringan Komputer dan Modem
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

October 3, 2020 at 10:58 AM delete

Terimakasih kak sangat membantu sekali dalam penyelesaian tugas saya blognya lengkap mudah dipahami bermanfaat sekali sukses selalu kak. salam kenal saya dari ISB Atma Luhur

Reply
avatar

Tambahkan Komentar Anda Untuk Meningkatkan Kualita Blog Ini Dengan Cara : Tidak Spam dan Berkatalah yang Sepantasnya.