Saturday, April 2, 2016

Fungsi, Sistem, dan Kegunaan Sistem Operasi Komputer (Word Processing, Graphics, dan Utility)

Fungsi, Sistem, dan Kegunaan Sistem Operasi Komputer (Word Processing, Graphics, dan Utility)


Sistem Operasi merupakan perangkat lunak yang mengendalikan seluruh kerja dari perangkat-perangkat komputer sehingga akan menjembatani antara pengguna dengan komputer tersebut., Contoh: Unix,  Linux, Android,  iOS,  Mac OS X, dan Microsoft Windows

Fungsi Sistem Operasi

  1. Fungsi Sistem Operasi sebagai Kordinator, yang memberikan fasilitas sehingga segala aktivitas yang kompleks dapat dikerjakan dalam urutan yang benar.
  2. Fungsi Sistem Operasi sebagai Pengawal, yang memegang kendali proses untuk melindungi file dan memberi batasan pada pembacaan, penulisan, eksekusi data dan program.
  3. Fungsi Sistem Operasi sebagai penjaga gerbang, yang akan mengawasi siapa saja yang dapat masuk kedalam sistem komputer.
  4. Fungsi Sistem Operasi sebagai pengoptimal, yang akan membuat scedule atas beberapa masukan pengguna, akses basis data, komputasi, keluaran, dan lain sebagainya untuk meningkatkan kinerja sistem.
  5. Fungsi Sistem Operasi sebagai akuntan, yang menjaga pewaktuan CPU tetap berada pada jalur yang benar, penggunaan memori, operasi I/O, penyimpanan pada disk dan lain sebagainya.
  6. Fungsi Sistem Operasi sebagai serever, yang memberikan pelayanan yang diperlukan pengguna, seperti restrukturisasi direktori file.

Sistem Aplikasi

Program aplikasi merupakan perangkat lunak siap pakai yang nantinya akan digunakan untuk membantu melaksanakan pekerjaan penggunanya. Aplikasi ini disiapkan sesuai kebutuhan. Program aplikasi dapat dibedakan menjadi :

Word Processing

Word Processing adalah program yang dapat dipakai untuk menyunting naskah. Contoh : Microsoft Word, Lotus Ami Pro dan WordPerfect.

Desktop Publishing

Merupakan program yang mengatur tata letak cetakan pada suatu naskah sehingga siap untuk dicetak. Contoh : Ventura Publisher, Page Maker.

Program Speadsheet

Merupakan program-program yang digunakan untuk mengolah data secara berkolom. Contoh : Microsoft Excell, Lotus Improv

Database Management System

Salah satu kegunaan komputer didalam organisasi adalah untuk menyimpan data dalam jumlah besar. Dari data ini dapat dihasilkan berbagai informasi. Untuk menyimpan, mengolah data, dan kemudian menghasilkan informasi, diperlukan program yang disebut dengan program database management system (disingkat DBMS) dan sering disebut dengan program database saja. Contoh : Paradox, Foxpro, Microsoft Access, Approach.

Graphics

Salah satu kebutuhan pengguna adalah membuat gambar. Untuk itu ia bisa menggunakan program yang khusus digunakan untuk membuat gambar atau graphics. Seseorang yang tidak pintar menggambar dengan tangan, dapat membuat gambar yang bagus di komputer, karena gambar dikomputer mudah diubah dan diolah. Contoh : Corel Draw, Stanford Graphics, Visio, adobe photoshop.


Program Akuntasi

Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : DacEasy Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting

Program Statistik

Program statistik merupakan program yang digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan analisis statistik. Contoh : SAS, SPSS, Statisca.

Communication

Communication merupakan program yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pemakai komputer lain. Contoh : Carbon Copy, DataFax, Procomm Plus, CrossTalk.

Multimedia

Multimedia merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera digital, video player. Contoh : Microsoft Video, nero showtime, winamp.

Game

Game merupakan program untuk permainan. Contoh : Flight Simulator, Baseball, Prince of Persia, condition zero.

Antivirus

Antivirus merupakan program yang digunakan untuk mendetekdi dan menghilangkan virus yang menular pada komputer yang sedang dipakai. Contoh : McAfee VirusScan, Norton Antivirus, AVG, SMADAV.

Browser

Browser digunakan untuk browsing dgn internet. Contoh: Mozzila Firefox, Google Chrome, Opera.

Utility

  • Utility Internal
Utility internal adalah utility yang sudah ada pada Windows kita, secara default sudah terinstall pada saat kita selesai menginstall Windows.

Contoh : Notepad (untuk menulis), Wordpad (untuk menulis), Windows Media Player (multimedia), Games, Calculator, Paint (menggambar) dan lain-lain. 
Program Utiliy internal yang sangat penting bagi Windows adalah DEFRAG, Manfaat Defrag:
  1. Mengatur kembali tata-letak file-file yang rusak/kacau karena penghapusan dan penulisan.
  2. Menghapus jejak file yang tidak hilang pada saat penghapusan.
Utility internal banyak terdapat di Control Panel, misalnya fonts, add remove, printer, system dan lain-lain.
  • Utility External
Utility External adalah utility yang bukan bawan Windows, harus menginstall terlebih dahulu.
Contoh Utility External adalah TuneUp Utilities. TuneUp Utilities memberikan berbagai fitur dengan tujuan untuk mengoptimalisasi kinerja komputer (PC), di mana program ini dapat menghapus file2 tidak perlu dalam komputer, mempercepat fungsi komputer, ataupun memperindah tampilan windows.

Artikel Terkait

Fungsi, Sistem, dan Kegunaan Sistem Operasi Komputer (Word Processing, Graphics, dan Utility)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda Untuk Meningkatkan Kualita Blog Ini Dengan Cara : Tidak Spam dan Berkatalah yang Sepantasnya.