Saturday, August 27, 2016

Contoh Soal dan Jawaban tentang Jaringan Internet (Topologi Jaringan, E-Commerce, dan Extranet)

Contoh Soal dan Jawaban tentang Jaringan Internet (Topologi Jaringan, E-Commerce, dan Extranet)


1. Sebut dan jelaskan topologi jaringan beserta gambar.

a. Pengertian Topologi Jaringan

Topologi jaringan adalah sebuah pola interkoneksi dari beberapa terminal komputer. Topologi jaringan merupakan representasi geometri dari hubungan antar perangkat (terminal komputer, repeaters, bridges) satu dengan lainnya (Green, 1985:22).

b. Topologi jaringan sendiri terbagi menjadi dua yaitu:

Physical. Merupakan gambaran fisik dari hubungan antara perangkat (komputer, server, hub, switch, dan kabel jaringan) yang membentuk suatu pola khusus 
Logical. Merupakan gambaran bagaimana suatu perangkat dapatberkomunikasi dengan perangkat lainnya.

Topologi Bus

Topologi Bus
Topologi bus merupakan topologi dimana semua perangakat keras terhubung melalui kabel tunggal yang kedua ujungnya tidak tertutup dan masing-masing ujungnya menggunakan sebuah perangkat terminator. Jika alamat perangkat sesuai dengan alamat pada informasi yang dikirim, maka informasi akan diterima dan diproses. Jika tidak, maka informasi akan diabaikan.

     Keuntungan topologi bus adalah :

Jarak LAN tidak terbatas
Kecepatan pengiriman tinggi.
Tidak diperlukan pengendali pusat.
Jumlah perangkat yang terhubung dapat dirubah tanpa mengganggu yang lain.
Kemampuan pengembangan tinggi.
Keterandalan jaringan tinggi.
Kondusif untuk jaringan gedung bertingkat.

     Kerugian topologi bus adalah :

Jika tingkat traffic tinggi dapat menyebabkan kemacetan.
Diperlukan repeater untuk memperkuat sinyal.
Operasional jaringan LAN tergantung tiap perangkat.

Topologi Ring

Topologi ring merupakan topologi dimana setiap perangkat dihubungkan sehingga berbentuk lingkaran. Setiap informasi yang diperoleh akan diperiksa alamatnya oleh perangkat jika sesuai maka informasi akan diproses sedangkan jika tidak maka informasi diabaikan.
Topologi Ring

  Keuntungan topologi ring adalah:

Kecepatan pengiriman tinggi.
Dapat melayani traffic yang padat.
Tidak diperlukan host, relatif murah.
Dapat melayani berbagai mesin pengirim.
Komunikasi antar terminal mudah.
Waktu yang diperlukan untuk pengaksesan data optimal.

  Kerugian topologi ring adalah: 

Perubahan jumlah perangkat sulit.
Kerusakan pada media pengirim dapat mempengaruhi seluruh jaringan.
Harus memiliki kemampuan untuk mendeteksi kesalahan untuk kemudian di isolasi.
Kerusakan salah satu perangkat menyebabkan kelumpuhan jaringan.
Tidak baik untuk pengiriman suara, video dan data.

Topologi Tree
Topologi Tree

Topologi tree merupakan generalisasi dari topologi bus, media transmisi berupa kabel yang bercabang tanpa loop tertutup.Topologi tree selalu dimulai pada titik yang disebut headend. Satu atau beberapa kabel berasal dari headend.

  Keuntungan topologi tree adalah :

Kontrol manajemen mudah karena bersifat terpusat.
Mudah untuk dikembangkan.

  Kerugian topologi tree adalah :

Karena data yang dikirim diterima oleh semua perangkat diperlukan mekanisme untuk mengidentifikasi perangkat yang ingin di tuju.
Diperlukan mekanisme transmisi data untuk menghindari overlapping sinyal jika 2 perangkat mengirim data secara bersamaan. 

Topologi Star

Pada topologi star terdapat perangkat pengendali yang berfungsi sebagai pengatur dan pengendali komunikasi data. Sedangkan perangkat lain terhubung dengan perangkat pengendali sehingga pengiriman data akan melalui perangkat pengendali.

Topologi Star
  Keuntungan topologi star adalah:

Dapat diandalkan
Mudah dikembangkan
Keamanan data tinggi
Kemudahan akses ke jaringan LAN lain

  Kerugian topologi star adalah:

Jika trafik padat maka dapat menyebabkan lambatnya jaringan
Jaringan sangat bergantung pada perangkat pengendali.

Topologi Mesh

Jenis topologi yang merupakan dari berbagai jenis topologi yang lain(disesuaikan dengan kebutuhan). Biasanya digunakan pada jaringan yang tidak memiliki terlalu banyak node di dalamnya. Dikarenakan setiap perangkat dihubungkan dengan perangkat lainnya.

  Keuntungan topologi mesh adalah:
Topologi Mesh

Memiliki respon waktu cepat.
Tidak memerlukan protocol tambahan karena tidak ada fungsi switching.

  Kerugian topologi mesh adalah:

Biaya cukup mahal.

2. Yang dimaksud dengan:

a. Network news

Newsgroup adalah kelompok diskusi virtual di internet. Newsgroup didistribusikan melalui Usenet, jaringan kelompok diskusi news.
Usenet menggunakan protokol NNTP (Network News Transfer Protocol). Newsgroup dikelompokkan dalam subyek-subyek secara hirarkis dengan beberapa huruf pertama sebagai kategori subyek.
Sebagai contoh adalah: rec (rekreasi), soc (masyarakat), sci (sains), alt (alternatif), comp (komputer) dan lain-lain. Untuk menggunakan Newsgroup diperlukan aplikasi bernama news reader dan koneksi internet ke news server terdekat.

b. File transfer Protocol

FTP (File Transfer Protocol), merupakan salah satu protokol internet yang digunakan untuk mentransfer data (mengupload dan mendownload data/file) dari komputer ke server hosting ataupun sebaliknya.

c. Remote Login

Remote login adalah salah satu layanan internet yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah remote host dalam lingkungan jaringan internet.dengan memanfaatkan remote login, seorang user dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host. Dari sana, user dapat melakukan pemeliharaan / maintenance, menjalankan sebuah program, atau bahkan menginstall program baru di remote host.

d. Advanced browsing

Advanced Browsing adalah suatu program yang digunakan untuk menjelajahi dunia Internet atau untuk mencari informasi tentang suatu halaman web yang tersimpan di komputer.

3. Sifat ISP

a. ISP yang bersifat tertutup, adalah ISP yang hanya melayani jaringan internet untuk jaringan lokal lembaga yang bersangkutan. Misalnya, ISP yang ada pada beberapa departemen milik pemerintah, perusahaan-perusahaan besar, lembaga riset dan lembaga pendidikan
b. ISP yang bersifat umum, adalah ISP yang memberikan layanan jaringan internet untuk masyarakat luas, baik pribadi maupun kelompok. Umumnya, ISP jenis ini bersifat komersial, artinya ISP ini menjual jasa layanan koneksi dengan jaringan internet. Contoh: WasantaraNet, LinkNet, D-Net, TelkomNet, RadNet, dan IndosatNet.

4. Perhitungan biaya internet ISP

a. Volume Base

Sistem perhitungan jenis ini mengacu pada jumlah data yang diambil dari internet. Umumnya, perhitungan berdasarkan kelipatan kilobyte data yang diambil, contohnya Rp10/kB dan Rp5/kB. Volume base banyak digunakan untuk mendapatkan akses melalui operator telepon selular berbasis GSM ataupun CDMA.
Koneksi volume base sebaiknya Anda pilih jika Anda sering mengakses informasi internet yang berbasis teks atau bagi Anda yang sering mengobrol di internet (chating ). Hal ini dikarenakan informasi berbasis teks ukuran datanya relatif lebih kecil dibandingkan bentuk grafis atau gambar.

b. Time Base

Sistem perhitungan biaya jenis ini mengacu pada berapa lama koneksi internet terhubung dengan komputer Anda. Umumnya, jenis koneksi dial up menggunakan saluran telepon menggunakan sistem perhitungan biaya time base. Adapun perhitungannya biasanya dilakukan untuk koneksi setiap
menit, contohnya Rp75/menit atau Rp25/menit. Koneksi dengan sistem time base lebih baik dipilih untuk Anda yang sering mengambil file-file berukuran besar dari internet, seperti file audio dan video.

c. Flat Rate/Unlimited

Sistem flat rate/unlimited merupakan sistem pembayaran yang ditagihkan dengan tarif tetap untuk jangka waktu tertentu, umumnya setiap bulan. Dengan sistem ini, Anda memiliki akses internet setiap saat, bahkan Anda dapat terus on line selama sebulan tanpa tambahan biaya. Sistem pembayaran jenis ini disediakan beberapa operator telepon selular di Indonesia juga beberapa ISP dengan koneksi melalui kabel. Pembiayaan dengan sistem flat rate ini umumnya tepat digunakan bagi mereka yang membutuhkan koneksi internet terus-menerus. Contohnya, perkantoran atau mereka yang memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap komunikasi dan transfer data melalui internet. Sebagai perbandingan ketiga jenis sistem pembayaran tersebut, berikut diberikan contoh paket akses internet yang Ditawarkan salah satu ISP di Indonesia menggunakan jaringan ADSL (Asymmetric Digital Subcriber Line).

5. Contoh layanan ISP

WasantaraNet, LinkNet, D-Net, TelkomNet, RadNet, dan IndosatNet.

6. Apa yang dimaksud

a. Dial up

dial-up adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.

b. Mobile access

mobile access adalah aksesibilitas situs web atau blog kita apabila diakses melalui perangkat mobile, seperti handphone dan PDA.

c. Hotspot

Hotspot itu adalah alah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada lokasi-lokasi publik seperti taman, perpustakaan, restoran ataupun bandara. Pertama kali digagas tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan.

d. Wireless

Wireless atau dalam bahasa indonesia disebut nirkabel, adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel. Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu (seperti teknologi infra merah pada remote TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth pada komputer dan ponsel)dengan frekuensi tertentu.

e. Dedicated conection

Dedicated conection adalah layanan internet nonstop, jadi tidak perlu untuk dial-up lagi.

7. Jelaskan yang dimaksud dengan E-Commerce dan peluang di indonesia

a. E-Commerce

adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

b. Peluang di Indonesia

Indonesia merupakan pasar yang besar bagi pengaplikasian e commerce. Berdasarkan statistik yang 
diperoleh dari situs internetworldstats pada tahun 2000 pengguna internet di Indonesia hanya sebanyak 2 
juta orang. Namun pada tahun 2010 telah berkembang menjadi 30 juta orang. Hanya dalam tempo 7 
tahun pengguna internet telah berkembang sebanyak 15 kali lipat. Ditambah lagi Indonesia sebagai 
negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia. Semua ini merupakan pasar pengguna e 
commerce.

8. Perbedaan intranet dan ekstranet

  Intranet

Intranet adalah sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protocol TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah "versi pribadi dari jaringan Internet", atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

Jika sebuah badan usaha / bisnis / institusi mengekspose sebagian dari internal jaringannya ke komunitas di luar, hal ini di sebut ekstranet. Memang biasanya tidak semua isi intranet di keluarkan ke publik untuk menjadikan intranet menjadi ekstranet. Misalnya kita sedang membeli software, buku dll dari sebuah e-toko, maka biasanya kita dapat mengakses sebagian dari Intranet toko tersebut. Badan usaha / perusahaan dapat memblokir akses ke intranet mereka melalui router dan meletakan firewall. Firewall adalah sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses seseorang kedalam intranet. Proteksi dilakukan melalui berbagai parameter jaringan apakah itu IP address, nomor port dll. Jika firewall di aktifkan maka akses dapat dikontrol sehingga kita hanya dapat mengakses sebagian saja dari Intranet perusahaan tersebut yang kemudian dikenal sebagai extranet.

  Extranet

Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.

Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

9. Manfaat extranet

  Sering digunakan perusahaan untuk kegiatan bisnis
  Dapat bertukar data bervolume besar
  dapat digunakan untuk jaringan kerjasama
  Keamanan data tetap terjaga karena data yang bisa dilihat hanya sebagian saja.

10. Kemampuan dan manfaat E-commerce

Kemampuan E-commerce

E-commerce memiliki banyak kemampuan untuk mempermudah para pelaku bisnis diantaranya; Kita dapat mempromosikan barang/jasa yang ingin kita pasarkan dengan sangat baik karena dengan e-commerce kita bisa memberikan keterangan-keterangan yang sangat lengkap mengenai barang/jasa kita tanpa perlu mengulang-ulang, karena para konsumen dapat melihat keterangan –keterangan dengan mudah, dan tanpa batas waktu. Selain itu pemasaran barang/jasa kita tidak hanya di satu tempat melainkan keseluruh dunia sehingga konsumen tidak terbatas di Negara kita saja.

Manfaat E-commerce

  Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar). Transaksi on-line yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
  Menurunkan biaya operasional (operating cost). Transaksi E-Commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi.
  Melebarkan jangkauan (global reach). Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
  Meningkatkan customer loyalty. Ini disebabkan karena sistem transaksi E-Commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
  Meningkatkan supply management. Transaksi E-Commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.
  Memperpendek waktu produksi. Pada suatu perusahaan yang terdiri dari berbagai divisi atau sebuah distributor di mana dalam pemesanan bahan baku atau produk yang akan dijual apabila kehabisan barang dapat memesannya setiap waktu karena on-line serta akan lebih cepat dan teratur karena semuanya secara langsung terprogram dalam komputer.

11. Teknologi pendukung e-commerce

  Hardware

a. Monitor
b. Keyboard
c. Mouse
d. CPU
e. Modem
f. Network card
g. VOIP phone and headset ( tambahan )

  Software

a. Sistem operasi ( windows )
b. Software akuntansi
c. Perangkat lunak pengolah kata 
d. Software desain grafis (Photoshop, illustrator)
e. VOIP Software
f. Antivirus (McAfee, Ad-Aware, Malwarebytes)

Artikel Terkait

Contoh Soal dan Jawaban tentang Jaringan Internet (Topologi Jaringan, E-Commerce, dan Extranet)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda Untuk Meningkatkan Kualita Blog Ini Dengan Cara : Tidak Spam dan Berkatalah yang Sepantasnya.