Friday, September 2, 2016

Contoh Contoh Soal dan Jawaban tentang Internet (Spesifikasi, Modem, dan Manfaat)

Contoh Contoh Soal dan Jawaban tentang Internet (Spesifikasi, Modem, dan Manfaat)


1. Spesifikasi computer untuk mengakses internet

  1. Komputer
  2. Modem
  3. Saluran Telepon (Line Telepon), TV Kabel, ISDN, Handphone

2. 4 Jenis modem

  • Modem Internet


Modem Internet  merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
Keuntungan menggunakan modem internal, antara lain adalah :
a) Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis
b) Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak   kabel.
Sedangkan kelemahan modem internal, sebagai berikut:
a) Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem
b) Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.

  • Modem Eksternal


Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
Keuntungan modem eksternal:
a)      Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada  komputer lain
b)      Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal:
a) Harga lebih mahal dari pada modem internal
b) Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.

  • Modem Kabel (Cable Modem)


Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna).
Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).

  • Modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber line)ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line


adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain.
Ide utama teknologi ADSL adalah untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telpon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu

3. Manfaat Internet dalam Bidang Bisnis, akademis, dan pemerintahan

  • Bisnis


1. Menciptakan basis bagi klien atau pelanggan
2. Analisa produk dan pasar
3. Nasehat dan bantuan pakar di bidangnya
4. Rekruitmen tenaga kerja dan penyedian lowongan kerja
5. Akses informasi dan penyebaran informasi
6. Komunikasi yang cepat dan pengiriman dokumen dengan biaya murah
7. Riset peluang bisnis baru

  • Akademis


Manfaat internet di bidang akademis yaitu, Dengan adanya internet, bermacam-macam referensi,jurnal,maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui internet tersedia dalam jumlah yang sangat banyak. Pelajar tidak perlu mencari buku di perpustakaan sebagai bahan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Cukup dengan memanfaatkan search engine, materi yang relevan lebih up to date dapat segera ditemukan. Penggunaan internet juga memungkinkan diadakan kegiatan belajar jarak jauh, karena sarana internet tidak mengenal batasan geografis.

  • Pemerintahan


Pemanafaatan INTERNET dalam suatu institusi dapat membuat pekerjaan semakin efektif. Untuk dinas pemerintahan, internet akan sangat membantu dalam menyukseskan program e- government. Dalam e-government, internet menjadi teknologi yang berperan dalam proses penyediaan dan transfer informasi dari pemerintah kepada pihak lain, misalnya warga masyarakat, ataupun sebaliknya.
Dengan porogram e-goverment tersebut, suatu dinas pemerintahan lokal maupun nasional, dapat mempresentasikan keunggulan dan potensi-potensi daerah masing-masing, seperti potensi usaha, potensi pariwisata, kekayaan dan sumber daya alam, dan sebagainya. Sehingga akan sangat membantu pelayanan terhadap masyarakat luar maupun masyarakat setempat yang membutuhkan informasi tentang daerah yang dimaksud.
Dengan demikian, secara tidak langsung akan membantu perkembangan suatu daerah, dalam hal ekonomi, sosial, kebudayaan, dan yang lainnya. Orang luar akan dapat mengetahui peluang-peluang usaha di suatu daerah dengan mudah melalui e-goverment. Begitu juga masyarakat setempat akan dapat mempresentasikan kekayaan atau produk-produk daerah setempat, sehingga masyarakat luar dapat mengetahuinya.

4. Kegunaan HTML

o Mengintegerasikan gambar dengan tulisan 
o Membuat Pranala.
o Mengintegerasikan berkas suara dan rekaman gambar hidup.
o Membuat form interaktif 

5. Cara Kerja Internet

Cara kerja Internet yang praktis dalam waktu singkat dapat mengirim data dalam berbagai format audio dan visual dengan harga pengiriman data yang tergolong sangat murah dibanding dengan media pengiriman data yang lain, membuat perkembanganya cukup pesat akhir-akhir ini.
Internet secara umum memang telah dikenal luas oleh masyarakat, namun bagaimana sebenarnya cara kerja jaringan Internet itu dalam hal mengirim dan mentransfer data dalam waktu yang singkat? Berikut adalah penjelasan sederhananya:
  1. Sebuah komputer pengguna (client Computer) yang hendak dihubungkan ke jaringan Internet, pada awalnya harus terhubung kesebuah Server. Dengan adanya sebuah server yang mengatur akses dan mengirimkan data-data dari dan kedalam internet yang diminta oleh beberapa client server, sehingga komputer client dapat mengakses website, chating, email, dan lain sebagainya.
  2. Penghubung antara Server dan Client Komputer untuk menterjemahkan beragam bahasa komputer disebut Protokol. Jika anda mengakses ebuah alamat misalnya http:// yang artinya adalah hyper text transfer protocol dan itu tandanya anda telah terhubung dengan jaringan komputer.
  3. Kemudian untuk mengenal masing-masing jutaan Client Komputer di dunia internet, maka masing-masing komputer memiliki alamat Internet Protocol (IP) masing-masing. Alamat IP atau yang sering juga disebut IP Address akan memberikan informasi dari paket mana berasal dan akan ditujukan ke mana sebuah data.
  4. Selain IP Address juga ada perangkat yang paling populer di dunia Internet, yaitu Web Browser. Agar Clinet Komputer yang anda gunakan dapat melihat informasi yang dikirim dari server, maka dibutuhkan perangkat internet Browser. Internet Browser yang paling terkenal sejauh ini adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan lain sebagainya.

6. Jenis kabel untuk internet

a. Kabel Coaxial
b. 2. Kabel Fiber optic
c. Kabel Unshield Twisted Pair(UTP)
d. Kabel Shield Twisted Pair(STP)

7. Fungsi dan Cara kerja Repiater

Fungsi dan Cara Kerja Repeater :
•Pada OSI, bekerja pada lapisan Physical
•Meneruskan dan memperkuat sinyal
•Banyak digunakan pada topologi Bus
•Penggunaannya mudah dan Harga yang relatif murah
•Tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian
data secara broadcast
•Hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk
maka port-port yang lain harus menunggu.

8. Fungsi dari

a. Bridge

Bekerja di lapisan Data Link
· Telah menggunakan alamat-alamat untuk meneruskan data ke tujuannya
· Secara otomatis membuat tabel penterjemah untuk diterima masing2 port

b. Hub

Bekerja pada lapisan Physical
· Meneruskan sinyal
· Tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan
· Penggunaannya relatif mudah dan harga yang terjangkau
· Hanya memiliki satu buah domain collision

c. Ethernet card

Ethernet card atau lancard berfungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan jaringan. Ada beberapa jenis port koneksi yang dapat digunakan. Jika didesain untuk kabel jenis coaxial, maka konektor yang dipakai adalah konektor BNC (Barrel Net Connector atau Bayonet Net Connector), sedangkan jika didesain untuk twisted pair, maka konektor yang dipakai adalah konektor RJ-45.

d. Router

Router berfungsi penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.
· Router berfungsi menyaring atau memfilter lalu lintas data
· Menentukan dan memilih jalur alternatif yang akan dilalui oleh data

9. Yang dimaksud dengan...

a. Network news

Newsgroup adalah kelompok diskusi virtual di internet. Newsgroup didistribusikan melalui Usenet, jaringan kelompok diskusi news.
Usenet menggunakan protokol NNTP (Network News Transfer Protocol). Newsgroup dikelompokkan dalam subyek-subyek secara hirarkis dengan beberapa huruf pertama sebagai kategori subyek.
Sebagai contoh adalah: rec (rekreasi), soc (masyarakat), sci (sains), alt (alternatif), comp (komputer) dan lain-lain. Untuk menggunakan Newsgroup diperlukan aplikasi bernama news reader dan koneksi internet ke news server terdekat.

b. File transfer Protocol

FTP (File Transfer Protocol), merupakan salah satu protokol internet yang digunakan untuk mentransfer data (mengupload dan mendownload data/file) dari komputer ke server hosting ataupun sebaliknya.

c. Remote Login

Remote login adalah salah satu layanan internet yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah remote host dalam lingkungan jaringan internet.dengan memanfaatkan remote login, seorang user dapat mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa harus secara fisik berhadapan dengan host. Dari sana, user dapat melakukan pemeliharaan / maintenance, menjalankan sebuah program, atau bahkan menginstall program baru di remote host.

d. Advanced browsing

Advanced Browsing adalah suatu program yang digunakan untuk menjelajahi dunia Internet atau untuk mencari informasi tentang suatu halaman web yang tersimpan di komputer.

10. Sifat ISP

a. ISP yang bersifat tertutup, adalah ISP yang hanya melayani jaringan internet untuk jaringan lokal lembaga yang bersangkutan. Misalnya, ISP yang ada pada beberapa departemen milik pemerintah, perusahaan-perusahaan besar, lembaga riset dan lembaga pendidikan
b. ISP yang bersifat umum, adalah ISP yang memberikan layanan jaringan internet untuk masyarakat luas, baik pribadi maupun kelompok. Umumnya, ISP jenis ini bersifat komersial, artinya ISP ini menjual jasa layanan koneksi dengan jaringan internet. Contoh: WasantaraNet, LinkNet, D-Net, TelkomNet, RadNet, dan IndosatNet.

11. Perhitungan biaya internet ISP

a. Volume Base

Sistem perhitungan jenis ini mengacu pada jumlah data yang diambil dari internet. Umumnya, perhitungan berdasarkan kelipatan kilobyte data yang diambil, contohnya Rp10/kB dan Rp5/kB. Volume base banyak digunakan untuk mendapatkan akses melalui operator telepon selular berbasis GSM ataupun CDMA.
Koneksi volume base sebaiknya Anda pilih jika Anda sering mengakses informasi internet yang berbasis teks atau bagi Anda yang sering mengobrol di internet (chating ). Hal ini dikarenakan informasi berbasis teks ukuran datanya relatif lebih kecil dibandingkan bentuk grafis atau gambar.

b. Time Base

Sistem perhitungan biaya jenis ini mengacu pada berapa lama koneksi internet terhubung dengan komputer Anda. Umumnya, jenis koneksi dial up menggunakan saluran telepon menggunakan sistem perhitungan biaya time base. Adapun perhitungannya biasanya dilakukan untuk koneksi setiap
menit, contohnya Rp75/menit atau Rp25/menit. Koneksi dengan sistem time base lebih baik dipilih untuk Anda yang sering mengambil file-file berukuran besar dari internet, seperti file audio dan video.

c. Flat Rate/Unlimited

Sistem flat rate/unlimited merupakan sistem pembayaran yang ditagihkan dengan tarif tetap untuk jangka waktu tertentu, umumnya setiap bulan. Dengan sistem ini, Anda memiliki akses internet setiap saat, bahkan Anda dapat terus on line selama sebulan tanpa tambahan biaya. Sistem pembayaran jenis ini disediakan beberapa operator telepon selular di Indonesia juga beberapa ISP dengan koneksi melalui kabel. Pembiayaan dengan sistem flat rate ini umumnya tepat digunakan bagi mereka yang membutuhkan koneksi internet terus-menerus. Contohnya, perkantoran atau mereka yang memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap komunikasi dan transfer data melalui internet. Sebagai perbandingan ketiga jenis sistem pembayaran tersebut, berikut diberikan contoh paket akses internet yang Ditawarkan salah satu ISP di Indonesia menggunakan jaringan ADSL (Asymmetric Digital Subcriber Line).

12. Contoh layanan ISP

WasantaraNet, LinkNet, D-Net, TelkomNet, RadNet, dan IndosatNet.

13. Apa yang dimaksud dengan...

a. Dial up

dial-up adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.

b. Mobile access

mobile access adalah aksesibilitas situs web atau blog kita apabila diakses melalui perangkat mobile, seperti handphone dan PDA.

c. Hotspot

Hotspot itu adalah alah satu bentuk pemanfaatan teknologi Wireless LAN pada lokasi-lokasi publik seperti taman, perpustakaan, restoran ataupun bandara. Pertama kali digagas tahun 1993 oleh Brett Steward. Dengan pemanfaatan teknologi ini, individu dapat mengakses jaringan seperti internet melalui komputer atau laptop yang mereka miliki di lokasi-lokasi dimana hotspot disediakan.

d. Wireless

Wireless atau dalam bahasa indonesia disebut nirkabel, adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel. Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu (seperti teknologi infra merah pada remote TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth pada komputer dan ponsel)dengan frekuensi tertentu.

e. Dedicated conection

Dedicated conection adalah layanan internet nonstop, jadi tidak perlu untuk dial-up lagi.

Artikel Terkait

Contoh Contoh Soal dan Jawaban tentang Internet (Spesifikasi, Modem, dan Manfaat)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda Untuk Meningkatkan Kualita Blog Ini Dengan Cara : Tidak Spam dan Berkatalah yang Sepantasnya.