Saturday, November 12, 2016

Ayam Tanpa Kepala Masih Bisa Berlari-lari!

Ayam Tanpa Kepala Masih Bisa Berlari-lari!

Memang Benar

Mereka tidak bisa berlari dengan baik. Ungkapan "berlarian seperti ayam tanpa kepala"biasanya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang heboh tidak jelas, tapi tidak berhasil menyelesaikan apa-apa. Tetapi apakah ayam sungguhan dapat berlari-lari dihalaman, setelah kepala mereka dipotong?
Ayam Sebelum Dipotong

Tepat sebelum kepala ayam dipenggal, ayam itu menyadari akan terjadi sesuatu yang buruk kepadanya. mula-mula ayam dikejar dan ditangkap, kemudian papan alas dan kapak besar muncul di hadapannya...

Otot Adrenalin

Semua itu menghasilkan suatu zat yagn disebut adrenalin di dalam otot-otot ayam. Adrenalin mendorong aktivitas otot. jadi bahkan setelah kepala ayam itu dipotong, ototnya masih terus berkedut, kadang-kadang sayap unggas itu mengepak-ngepak seperti hendak berjalan.

Kasus Ayam Mike

Ayam tanpa kepala mungkin memang dapat bergerak selama beberapa detik setelah kepala mereka dipotong. Namun hal ini biasanya terjadi kurang dari 30 detik. bagaimana dengan berita bahwa ada ayam yang mampu bertahan hidup sekitar satu setengah tahun tanpa kepala?

Kasus Ayam Mike
Diambl dari : http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/09/150909_majalah_ayamtanpakepala
Ayam itu adalah ayam jantan bernama Mike. tahun 1945, pemiliknya memotong kepalanya pada pagi ahri. Namun di sore harinya, mike masih mondar-mandir di sekitar perkarangan rumah (
tanpa kepala, pasti dia harus berusaha keras untuk tidak menabrak).

Pemilik Mike benar-benar memasukkan makanan melalui lehernya dan mengajaknya berkeliling. Ayam tanpa kepala itu bertahan hidup selam 18 bulan dan menghasilkan banyak uang. sebelum akhirnya si pemilik lupa membersihkan lubang pernapasannya di suatu sore, sayangnya Mike yang malang tersedak lalu mati.

Apa Yang Terjadi

Semua itu benar, ketika kepalanya dipotong sebagian sistem otak mike teringgal di dalam tubuhnya sehingga membuatnya tetap hidup. mungkin saja ayam itu bahkan tidak menyadari bahwa kepalanya telah hilang.

Daftar Pustaka
Mason, Paul. 2012. Truth or Busted: The fact or fiction behind animals. Wayland. London

Artikel Terkait

Ayam Tanpa Kepala Masih Bisa Berlari-lari!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda Untuk Meningkatkan Kualita Blog Ini Dengan Cara : Tidak Spam dan Berkatalah yang Sepantasnya.