Saturday, November 12, 2016

Laporan Praktikum Biometrika Hutan Pemanfaatan Perangkat Lunak Untuk Analisis Statistik

LAPORAN PRAKTIKUM BIOMETRIKA HUTAN
PEMANFAATAN PERANGKAT LUNAK UNTUK ANALISIS STATISTIK


Tujuan

Praktikan mampu memahami prinsip-prinsip dan prosedur pemanfaatan perangkat lunak (Microsoft Excel) untuk analisis statistik.
Meningkatka pemahaman praktikan tentang prinsip-prinsip dasar statistik.

Dasar Teori

Statistika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan dan penyusunan data, pengolahan data, dan penganalisisan data, serta penyajian data berdasarkan kumpulan dan analisis data yang dilakukan. Salah satu ilmu yang mendasari dalam mempelajari statistika adalah peluang atau probabilitas. Berdasarkan kegiatannya, statistika dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu Statistika deskriptif (statistika deduktif) dan statistika inferensi (statistika induktif). Sementara, statistik adalah hasil-hasil pengolahan dan analisis data. Statistik dapat berupa mean, modus, median, dan sebagainya. Statistik dapat digunakan untuk menyatakan kesimpulan data berbentuk bilangan yang disusun dalam bentuk tabel atau diagram yang menggambarkan karakteristik data (Nugroho, 2007).

Perangkat lunak adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras Komputer (Anonim, 2008).

Perangkat aplikasi pengolah angka adalah program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan aplikasi ini, antara lain: pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan Iain-Iain. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik. Macam-macam perangkat lunak pengolah angka antara lain : Kspread, Star Office Calc, Open Office Calc, GNOME – GNumeric, Xess, Lotus 123, Microsoft Excel. Adapun yang sekarang banyak digunakan masyarakat adalah Microsoft Excel (Idjah, 2011).

Analisis data merupakan salah satu tahap yang sering dipandang sulit dalam penelitian. Beberapa software untuk membantu melakukan analisis data telah banyak tersedia dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Program Microsoft Excel merupakan program yang sangat familier bagi para peneliti dan penggunaan komputer di Indonesia. Namun penggunaan Microsoft Excel dalam analisis statistik belum banyak dioptimalkan, padahal melakukan analisis statistik dengan menggunakan Microsoft Excel memiliki banyak kelebihan yaitu, 1) Mudah dalam melakukan input dan edit data seperti meng-copy, menyisipkan, menghapus, dan sebagainya, 2) Dapat langsung melakukan koreksi jika ada perubahan input, terutama jika menggunakan fasilitas insert function, 3) Peneliti dapat memahami proses analisis data, tidak hanya sekedar membaca output, 4) Mengurangi kemungkinan kesalahan dalam input data karena ada fasilitas validasi data, 5) Program Microsoft Excel lebih mudah diperoleh dibanding program untuk analisis statistik lainnya (Suliyanto, 2012).

Alat dan Bahan

Alat: Komputer, Perangkat Lunak Pengelola Angka (MS Excel)
Bahan: Data yang diperoleh dalam acara I

Cara Kerja

Membuka MS Excel
Mengikuti langkah-langkah yang tercantum dalam manual penggunaan program untuk analisis statistic
Buatlah statistic deskriptif, distribusi normal, membuat grafik, dan uji hipotesis dari data yang ada

Data dan Hasil Perhitungan

Statistik Deskriptif

1) Memasukkan data
2) Jumlahkan Data dengan =sum(A2-A9) di sel B2 dan tekan enter
3) Hitung rerata dengan =average(A2-A9) di sel C2 dan tekan enter
4) Hitung Standar Deviasi dengan =stdv(A2-A9) di sel D2 dan tekan enter
Standar Deviasi
5) Hitung N dengan =count(A2-A9) di sel E2 dan tekan enter

Distribusi Normal

1) Memasukkan data
2) Hitung nilai Z dengan =(C2-$A$2)/$B$2 di sel D2 dan tekan enter, lalu diseret kebawah
3) Hitung p(x) dengan =norm.dist(C2;$A$2;$B$2:FALSE) dan tekan enter, lalu diseret kebawah
4) Hitung P(x) dengan =norm.dist(C2;$A$2;$B$2;TRUE) dan tekan enter, lalu diseret kebawah
5) Hitung Pt(x) dengan =normsdist(C2) dan tekan enter, lalu diseret kebawah
6) Membuat grafik dari kolom C dan E
Grafik Kolom C dan E
7) Membuat grafik dari kolom C dan F

Uji Hipotesis

1) Memasukkan data
2) Memasukkan rerata, standar deviasi, N, dan  S
3) Klik data, klik data analysis, pilih Z-test: Sample for means, dan klik oke. Setelah itu mengisi data-data yang diperlukan dan klik oke
Z-Test: Sample for Means
4) Klik data, klik data analysis, pilih T-test: Two sample assuming unequal Variances, dan klik oke. Setelah itu mengisi data-data yang diperlukan dan klik oke
T-Test: Two Sample assuming Unequal Variances

Daftar Pustaka

Nugroho, Sigit. 2007. Dasar-dasar Metode Statistika. Jakarta: Grasindo.
Kbbi. http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/ Pusat Bahasa, Departement Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2008
http://klikbelajar.com/komputer-dan-teknologi/kumpulan-aplikasi-software-untuk-komputer/ Pengertian Program Pengolah Angka Beserta Contohnya
Analisis Statistik : Pendekatan Praktis dengan Microsoft Excel (+CD). Andi publisher. Yogyakarta

Artikel Terkait

Laporan Praktikum Biometrika Hutan Pemanfaatan Perangkat Lunak Untuk Analisis Statistik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda Untuk Meningkatkan Kualita Blog Ini Dengan Cara : Tidak Spam dan Berkatalah yang Sepantasnya.