Wednesday, December 28, 2016

Laporan Praktikum Silvikultur Struktur Buah dan Biji Tanaman Kehutanan

LAPORAN PRAKTIKUM SILVIKULTUR
STRUKTUR BUAH DAN BIJI TANAMAN KEHUTANAN

STRUKTUR BUAH DAN BIJI TANAMAN KEHUTANAN


Tujuan


  1. Agar Mahasiswa mengetahui susunan/struktur buah dan biji spesies tanaman kehutanan
  2. Agar mahasiswa dapat membedakan buah yang hanya mempunyai satu biji dan buah yang mempunyai lebih dari satu biji
  3. Agar mahasiswa dapat membedakan cadangan makanan yang terdapat pada biji Angiospermae dan  Gymnospermae 


Bahan dan Alat

Bahan dan Alat yang digunakan adalah berbagai buah dan biji tanaman kehutanan, gunting biji, kaca pembesar, tanggem, pisau, penggaris, alat tulis menulis, dan kamera

Cara Kerja


  1. Ambil buah dan biji
  2. Ukurlah panjang, tebal dan lebar biji
  3. Gambar biji secara utuh
  4. Belah biji secara melintang dan membujur, lalu amati dan gambar
  5. Masing mahasiswa menggambar minima 10 buah  kelas angiospermae dan gymnospermae
  6. Dokemantisakanlah dan sajikan hasil pengamatan


Tinjauan Pustaka

Di Indonesia tumbuh aneka pohon yang selama daur hidupnya menghasilkan kayu dan juga  komoditi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK).  Jenis HHBK yang diperoleh banyak macamnya, antara lain berupa : biji (tengkawang, kemiri, pala pinang, dll), resin dan getah (damar, kopal, kemenyan, kamper, jelutung, perca dan hangkang), kulit kayu (kayu manis, lawang, sintok, bakau-bakau dan akasia), daun (perca, cengkeh, kayu putih, gambir, ekaliptus, dll), dan bunga (kenanga, ylang-ylang dan cengkeh) (Winarni, 2004).

Angiospermae yang merupakan kelompok tumbuhan yang mendominasi daratan lebih dari 100 juta tahun yang lalu meliputi 235.000 spesies tumbuhan berbunga. Sebagian besar makanan yang kita konsumsi berasal dari tumbuhan berbunga dapat berupa akar misalnya wortel, kangkung, bit, buah-buahan misalnya apel, mangga, pisang, pepaya; buah dan biji Leguminosae, buah kariopsis dari Graminae  misalnya padi dan jagung (Kosasih, 2015).

Biji merupakan suatu struktur kompleks, yang terdiri dari embrio atau lembaga, kulit biji dan persediaan makanan cadangan. Perkecambahan merupakan permulaan atau awal pertumbuhan embrio di  dalam biji. Biji yang berkecambah dapat membentuk plumula karena di dalamnya  mengandung embrio. Embrio mempunyai 3 bagian, yaitu radikula (akar lembaga), kotiledon (daun lembaga), dan kaulikalus (batang lembaga) (Sumarno. 2015).

Baca Juga : Laporan Praktikum Silvikultur Skarifikasi

Buah adalah suatu hasil dari proses akhir yang mulai dari penyerbukan atau persarian. Pada hakikatnya buah hanya dibedakan kedalam 2 jenis, yang pertama adalah buah semu dan yang kedua adalah buah sejati. Tak lepas dari penamaan buah tersebut menjadi buah sejati dan buah semu dapat dilihat dari struktur buah dan bagian – bagian buah yang ada pada buah. Misalnya dikatakan buah sejati atau buah sebenarnya adalah ketika bentuk buah tidak terhalangi oleh bagian – bagian buah yang ada, pengecualian tetap ada, seperti pada buah jambu mete terlihat tangkai bunga yang membesar seperti buah, padahal bagianyang membesar itu bukan buah tapi tangkai buah (Sutopo, 2002).

Buah pada tumbuhan umumnya dapat dibedakan dalam dua golongan, yaitu :
1.            Buah semu atau buah tertutup, yaitu buah terbentuk dari bakal buah beserta bagian-bagian lain bunga, yang perlahan menjadi bagian utama buah ini, sedang buah yang sesungguhnya kadang-kadang tersembunyi.
2.            Buah sungguh atau buah telanjang, yang melulu terjadi dari bakal buah, dan jika ada bagian bunga lainnya yang masih tinggal bagian ini tidak merupakan bagian buah yang berarti (Tjitrosoepomo, 1985).

Daftar Pustaka

Kosasih, D. 2015. “Tumbuhan Angiospermae”. Jurnal Teknik Bangunan. Vol 1 hal 2
Sumarno, Edi. 2015. “Perkecambahan Biji”. Jurnal Kehutanan dan Ilmu Lingkungan. Vol 1 hal 2
Sutopo, L. 2002. Teknologi Benih. Fakultas Pertanian UNBRAW. Malang.
Tjitrosoepomo, Gembong. 1985. Morfologi Tumbuhan. UGM Press.
Winarni, Ina. 2004. “PENGARUH TEMPAT TUMBUH, JENIS DAN DIAMETER BATANG TERHADAP PRODUKTIVITAS POHON PENGHASIL  BIJI TENGKAWANG”. Jurnal Penelitian hasil hutan. Vol 22 hal 23

Artikel Terkait

Laporan Praktikum Silvikultur Struktur Buah dan Biji Tanaman Kehutanan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda Untuk Meningkatkan Kualita Blog Ini Dengan Cara : Tidak Spam dan Berkatalah yang Sepantasnya.