Sunday, May 7, 2017

Klasifikasi Tumbuhan : Ganggang, Lumut, Paku, dan Berbiji (Terbuka dan Tertutup dan Perbedaannya)

Klasifikasi Tumbuhan : Ganggang, Lumut, Paku, dan Berbiji (Terbuka dan Tertutup dan Perbedaannya)


Klasifikasi Tumbuhan

Golongan tumbuhan di alam memiliki perkembangan tubuh yang berbeda-beda, demikian pula perkembangan dari organ penyusun tubuh tumbuhan. Tumbuhan menurut filogeninya berevolusi dari lingkungan akuatik ke darat. Organ tumbuhan memiliki organ adaptif pada lingkungan aquatik, darat, atau habitat diantaranya.

Tumbuhan Ganggang (Algae)

Tumbuhan ganggang tubuhnya belum dapat dibedakan antara bagian akar, batang, atau daun. Tubuh seperti itu disebut thallus, dan dahulu dimasukkan dalam golongan thallophyta. Alat vegetatif pada ganggang berupa thallus. Pengganti fungsi alat untuk melekat disubstrat membentuk organ khusus disebut kelp. Kadang-kadang thallus memiliki bentuk seperti batang disebut cauloid (contoh agar-agar), dan kadang-kadang thallus memiliki bentuk seperti daun disebut phylloid (contoh rumput laut sargasso).
Tumbuhan Ganggang


Tumbuhan Lumut (Mosses; Bryophta)

Organ vegetatif tubuh tumbuhan lumut berupa thallus dijumpai pada kelas lumut hati (Marchantia polymorpha) dan kelas lumut tanduk (Anthoceros communae). Sedangkan kelas lumut daun (Polytricium sp.) tubuhnya memiliki daun. Semua anggota tumbuhan lumut belum memiliki bentuk akar yang sesungguhnya disebut rhizoid, yang secara struktual mirip bulu akar,s seperti pada tumbuhan paku atau berbiji.
Tumbuhan Lumut

Dahulu tumbuhan lumut dimasukkan ke dalam golongan thallophyta, batang berupa sederhana bertipe protostele. Daun sederhana yang terdiri dari selapis sel dan hanya memiliki satu berkas penggangkutan. Organ generatif berupa alat pembentuk spora (sprofit), yang bersifat parasit terhadap organ vegetatif. Sprofit pada  umumnya memiliki bagian sel kaki, tangkai (seta), penggelembungan ujung tangkai (apofise), kapsul spora (theca), rambut mulut (peristome), dan tutup (operculum).

Tumbuhan Paku (Fern; Pteridophyta)

Organ vegetatif tubuh tumbuhan paku terdiri dari akar, batang, daun. Organ seperti itu disebut kormus, sehingga dahulu bersama dengan tumbuhan berbiji dimasukkan dalam golongan cormophyta. Akar sudah memiliki struktur akar yang sesungguhnya, batang sudah memiliki perkembangan susunan berkas pengangkutan yang sempurna, dan daun memiliki struktur yang telah berkembang dengan baik memiliki beberapa lapis sel, serta membentuk jaringan daging daun (frond), memiliki ciri khas bahwa daun muda ujungnya menggulung. Organ generatif berupa spora yang dibentuk didalam kotak spora. contoh golongan paku purba, paku ekor kuda, paku kawat, paku benar, paku pohon.
Tumbuhan Paku

Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

Dibedakan menjadi Berbiji Terbuka (Gymnospermae) dan Berbiji Tertutup (Angiospermae)

Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae)

Anggota dari golongan tumbuhan ini memiliki sifat khas, bahwa biji terletak pada bagian permukaan luar dari daun buah, alat vegetatif tumbuhan ini sudah memiliki akar, batang, dan daun sejati. Organ generatif berupa strobilus jantan, dibentuk daun pembentuk serbuk sari dan strobilus betina, dibentuk daun pembentuk bakal biji. contoh Pinus merkusii, Gnetum gnemon, Cychas rumpii.
Tumbuhan Berbiji Terbuka, Melinjo


Tumbuhan Berbiji Tertutup (Angiospermae)

Tumbuhan anggota golongan ini menghasilkan struktur biji, terdiri dari kulit biji, dan inti biji yang didalamnya terdapat lembaga (embrio) pada umumnya dapat dibedakan anatara akar lembaga, batang lembaga, dan daun lembaga, beserta cadangan makanan. Dibedakan menjadi dua , yakni biji belah (dikotil) dan biji tunggal (monokotil).
Tumbuhan Berbiji Tertutup, Mangga


Perbedaan Tumbuhan Berbiji Terbuka (Gymnospermae) dan Dikotil dan Monokotil (Angiospermae)

  1. Daun lembaga Gymnospermae banyak, dikotil dua, monokotil satu.
  2. Batang Gymnospermae kambium, dikotil kambium, monokotil tidak kambium.
  3. Bunga Gymnospermae tak berbunga (strobilus), dikotil bunga, monokotil bunga.
  4. Bilangan bagian bunga Gymnospermae tidak ada, dikotil 2,4 atau 5, dan kelipatannya, monokotil 3 dan kelipatannya.
  5. Akar Gymnospermae tunggang, dikotil tunggang, monokotil serabut

Daftar Pustaka
Tim Penyusun. 2014. Buku Petunjuk Praktikum Biologi Umum. Fakultas Biologi UGM. Yogyakarta

Artikel Terkait

Klasifikasi Tumbuhan : Ganggang, Lumut, Paku, dan Berbiji (Terbuka dan Tertutup dan Perbedaannya)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda Untuk Meningkatkan Kualita Blog Ini Dengan Cara : Tidak Spam dan Berkatalah yang Sepantasnya.