Sunday, May 28, 2017

Klasifikasi Tumbuhan : Spesies dan Populasi, Penamaan Takson (Kategori dan Contoh)

Klasifikasi Tumbuhan : Spesies dan Populasi, Penamaan Takson (Kategori dan Contoh)

Pengelompokkan Populasi

Populasi tumbuhan dialam oleh ahi taksonomi dapat dikelempokkan menjadi suatu jenis atau spesies dan diberi nama secara binomial dengan kaidah bahasa latin, misalnya jenis puring, jenis bunga sepatu, atau jenis tapak dara.

Pengertian Spesies

Spesies atau jenis secara taksonomi didefinisikan sebagai populasi yang memiliki sifat morfologi, anatomi, dan fisiologi yang seragam. Individu yang sejenis, memiliki jumlah kromosom yang sama dan antar warga sejenis akan mengalami interbreeding fertil. Tetapi, sesungguhnya masing-masing spesies penyusun populasi yang ada dialam masih tampak bervariasi.
Contoh Spesies

Variasi Fenotip dan Variasi Genotip

Variasi tersebut bukan hanya secara fenotip namun genotip. Variasi fenotip dan genotip dalam populasi spesies pada wilayah distribusi alamiahnya disebut plasma nutfah.
Variasi genotip lebih besar dibandingkan variasi fenotip karena fenotip merupakan ekspresi genotip atas pengaruh faktor lingkungan, dengna demikian terdapat genotip yang tidak terekspresikan. Oleh karena itu keragaman gen pada dasarnya dapat diamati secara fenotip, misalnya berupa variasi bentuk dan warna bunga pada spesies mangga.

Takson (Taksa) dan Pengertian Populasi

Takson (taksa) dan peringkat (kategori) merupakan kelompok (golongan) tumbuhan dialam, yang berwujud sebagai populasi. Populasi merupakan kelompok individu yang seragam menempati skala ruang dan waktu tertentu. Pengelompokan (klasifikasi) taksa selalu bedasarkan keseragaman sifat, agar taksa (populasi) dapat dengan mudah dikenali (mencari keseragaman didalam keanekaragaman tumbuhan). Taksa oleh ahli taksonomi tumbuhan kemudian diberi nama dan identitas tentang sifat-sifatnya, terutama sifat morfologi. Penamaan taksa tumbuhan diatur oleh kode internasional tatanama tumbuhan.

Contoh Penamaan Takson

Akhiran nama suatu takson memberikan indikasi pada peringkat (kategori) yang mana nama tersebut diberikan, misalnya Spermatophyta adalah nama divisi (divisio) untuk seluruh anggota tumbuhan berbiji, Angiospermae adalah nama anak divisi (subdivisio) untuk seluruh anggota tumbuhan berbiji tertutup, Dikotil adalah nama kelas (classis) untuk tumbuhan yang memiliki dua keping biji, Solanales adalah nama bangsa (ordo), Soloanaceae adalah nama suku (familia), solanum adalah nama marga (genus), Solanum tuberosum adalah nama jenis (spesies).


Kategori Takson

  • Setiap divisi memiliki anggota sejumlah subdivisi.
  • Subdivisi memiliki anggota sejumlah kelas.
  • Kelas  memiliki anggota sejumlah bangsa.
  • Bangsa memiliki anggota sejumlah spesies.
  • Spesies memiliki anggota sejumlah varitas (varietas).
Kategori diatas adalah kategori utama dan sampai saat ini dikenal sejumlah 25 kategori klasifikasi secara ilmiah.
  1. Divisi sampai dengan suku dikenal dengan kategori mayor,
  2. marga sampai spesies dikenal dengan kategori minor, dan
  3. kategori dibawah jenis disebut kategori intraspesific.

Penamaan Jenis (Spesies)

Jenis (spesies) diketahui merupakan dasar penyebutan nama secara taksonomi, memiiki tatanama yang spesifik terdiri dari nama marga dan nama penunjuk spesies, misal Musa paradisiaca L., Musa adalah marga dengan nama besar, paradisiaca adalah penunjuk spesies, L. adalah singkatan nama Linnaeus sebagai pemberi nama. Karya Linnaeus, 1 mei 1753 berjudul “ species plantarum” dijadikan dasar berlakunya kode intenasional tatanama tumbuhan. Pada umumnya nama tumbuhan termasuk spesies, dibedakan dengan kata lain dalam kalimat, sebagai kata asing dapat digaris bawahi, dicetak miring, atau dicetak tebal.

Daftar Pustaka
Tim Penyusun. 2014. Buku Petunjuk Praktikum Biologi Umum. Fakultas Biologi UGM. Yogyakarta

Artikel Terkait

Klasifikasi Tumbuhan : Spesies dan Populasi, Penamaan Takson (Kategori dan Contoh)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda Untuk Meningkatkan Kualita Blog Ini Dengan Cara : Tidak Spam dan Berkatalah yang Sepantasnya.