Sunday, April 3, 2016

Pengertian, Macam-Macam, dan Cara Mengoperasikan Sistem Operasi dan DOS (Disk Operational System)

Pengertian, Macam-Macam, dan Cara Mengoperasikan Sistem Operasi dan DOS (Disk Operational System)


Pengertian Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi komputer adalah software atau perangkat lunak yang menjadi dasar operasi sebuah komputer. Tanpa sistem operasi, program atau aplikasi komputer tidak dapat dijalankan. Sistem operasi komputer lah yang menjadi perantara antara perangkat komputer dan pemakai.

Macam Macam Sistem Operasi

  1. Windows : Sistem operasi Windows dikembangkan oleh Microsoft. Saat ini merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di tanah air.  Sistem operasi ini adalah produk komersial, sehingga pemakai komputer harus membeli lisensi sebelum menggunakannya. Beberapa varian Windows di antaranya:  Windows NT , Windows 98, Windows XP,Windows Vista, Windows Server 2008, dan yang terbaru adalah Windows 7.
  2. Unix : Merupakan sistem operasi tertua di dunia. Sistem operasi ini bahkan telah menjadi dasar pengembangan sistem operasi lain, misalnya System V, BSD, Mac OS, dan Linux.
  3. Linux : Sistem operasi turunan Unix yang sangat populer karena dikembangkan secara gotong-royong dan bersifat gratis. Karena sifatnya terbuka atau Open Source, maka ada ratusan varian Linux, antara lain Debian, Ubuntu, Fedora, Slackware, dan Knoppix. Beberapa di antaranya juga dikemas menjadi produk komersial, misalnya SuSE dan Redhat.
  4. Mac OS : Merupakan sistem operasi turunan Unix yang dikembangkan oleh Apple. Sama seperti Windows, Mac OS merupakan produk komersial. Umumnya sistem operasi ini dipaketkan ke dalam komputer produk Apple, yaitu Macintosh.

Cara menjalankan DOS

  1. Untuk dapat menjalankan DOS pada komputer memiliki cara yang banyak, jika kita telah memiliki sistem operasi pada komputer, misalnya windows 98se, kita hanya cukup menjalankan Start – Run – Command – OK. Jika kita menggunakan Windows XP, kita juga dapat melakukan hal yang sama, atau dengan mengganti command dengan cmd.
  2. Jika kita ingin menjalankan DOS tanpa menggunakan sistem operasi pada komputer, kita dapat menggunakan cara, antara lain, dengan bantuan CD Bootable atau disket bootable. Untuk dapat membuat disket bootable, kita dapat melakukan format disket dari Windows Explorer dengan menambahkan file system ketika format. Untuk dapat membuat cd bootable, kita perlu membuat cd bootable dengan nero burning room dengan memilih opsi creat boot cd, dan jangan lupa sertakan disket bootable.
  3. Jika kita telah memiliki cd bootable atau disket bootable, kita perlu mengatur urutan booting dengan urutan booting pertama pada CD-ROM (jika dengan cd bootable), atau Removable Disk/Floppy Disk (jika dengan disket bootable. Restart komputer, masukan cd atau disket, sehingga akhir dari proses booting menghasilkan karakter.)


Artikel Terkait

Pengertian, Macam-Macam, dan Cara Mengoperasikan Sistem Operasi dan DOS (Disk Operational System)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda Untuk Meningkatkan Kualita Blog Ini Dengan Cara : Tidak Spam dan Berkatalah yang Sepantasnya.