Monday, January 16, 2017

Laporan Praktikum Silvikultur Suksesi Primer dan Suksesi Sekunder

LAPORAN PRAKTIKUM SILVIKULTUR
SUKSESI PRIMER DAN SUKSESI SEKUNDER


SUKSESI PRIMER DAN SUKSESI SEKUNDER


Tujuan

1. Mempelajari tahapan dan proses dalam suksesi primer dan sekunder
2. Memahami manajemen suksesi

Bahan dan Alat

1. Beberapa lokasi bentang lahan di TNGM
2. Kamera
3. Alat tulis.


Cara Kerja

1. Beberapa bentang lahan di sekitar hutan Taman Nasional Gunung Merapi yang termasuk tahapan sere awal, sere tengah, dan sere lanjut.
2. Lokasi yang mewakili suksesi primer dan sekunder dipilih.
3. Karakteristik yang muncul diamati pada setiap tahapan suksesi (susunan tmbuhan bawah dan tegakan)
4. Proses terjadinya suksesi di wilayah tersebut diceritakan dan dijelaskan.

Tinjauan Pustaka

Proses perubahan dalam komunitas yang berlangsung menuju ke satu arah secara teratur disebut suksesi. Suksesi terjadi sebagai akibat dari modifikasi lingkungan fisik dalam komunitas atau ekosistem. Proses suksesi berakhir dengan sebuah komunitas atau ekosistem yang disebut klimaks. Apabila suatu komunitas telah mencapai klimaks, maka berarti tercapai homeostatis (keseimbangan) (Riberu, 2002).

Adanya perubahan didalam masyarakat tumbuhan terutama disebabkan oleh aktivitas masing-masing masyarakat tumbuhan didalam lingkungannya sendiri. Dijelaskan lebih lanjut bahwa didalam hutan, pohon-pohon akan meningkat dalam bentuk dan ukurannya, sehingga bersifat menaungi dan akibatnya kelembaban akan bertambah tinggi. Tumbuhan mengambil hara dari dalam tanah dalam bentuk yang berbeda. Akumulasi humus, perubahan pH tanah dan kandungan air semuanya akan berubah, akibatnya habitat akan berubah pula. Perubahan ini akan menciptakan keadaan habitat yang baik untuk pertumbuhan jenis yang lain dari jenis yang sudah ada sebelumnya. Dengan demikian, jenis yang berbeda dalam kondisi selanjutnya akan menguasai (Clarke, 1954).

Suksesi meliputi seluruh sistem. Umumnya proses pengorganisasian program-program suksesi yang baru oleh sistem selanjutnya yang lebih besar untuk pola-pola tersebut yang mempunyai umpan balik kerja kearah permaksimuman masukan tenaga dan transformasi. Evolusi biologis, suksesi dan belajar seluruhnya secara esensial adalah sama, perbedaannya terutama adalah dalam kedetilan mereka dan skala waktu. Dalam suksesi ekologis komponen yang paling kecil dengan proses pemulihan yang cepat, ukuran sedang menyebarkan pilihan-pilihan darimana kompetisi dan sistem yang menguat menciptakan seleksi dan yang lebih besar mungkin dikenali pola-pola memori mereka dengan proses belajar secara teratur. Permukaan lahan juga diorganisir, pengumpanbalikan struktur mereka, usaha mereka memaksimumkan kebutuhan untuk tumbuhan, air, angin, gelombang dan seterusnya (Saifinah, 1979).

Baca Juga : Laporan Praktikum Silvikultur Permudaan Hutan Secara Alam

Perubahan suatu komunitas atau yang lebih dikenal dengan istilah suksesi merupakan tahapan perubahan komunitas dari tanah yang gundul hingga terbentuknya komunitas klimaks. Perubahan-perubahan tersebut dapat terjadi dimana saja tergantung pada berbagai faktor (Sulistiyowati, 2007).

Prinsip dasar dalam suksesi adalah adanya serangkaian perubahan komunitas tumbuhan bersamaan dengan perubahan tempat tumbuh. Perubahan ini terjadi melalui beberapa tahap dari komunitas tumbuhan sederhana sampai klimaks (Subiandono, 2010).

Daftar Pustaka
Clarke, G.L. Elements of Ecology. New York: John Willey and Sons, 1954.
Riberu, P. 2002. Pembelajaran Ekologi. Jurnal Pendidikan ekologi. Vol 1 no 1 hal 127-128
Saifinah, R. 1979. Suksesi Tumbuh-Tumbuhan. Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam. Andalas University Press. Padang
Subiandono, Endro, M. Bismark, dan N.M. Heriyanto. 2010. Potensi Jenis Dipterocarpaceae di Hutan Produksi Cagar Biosfer Pulau Siberut, Sumatera Barat. Buletin Plasma Nutfah. Vol 16 hal 2
Sulistiyowati, Hari. 2007. ANALISIS SUKSESI TUMBUHAN DI PANTAI MAYANGAN KOTA PROBOLINGGO. Jurnal FMIPA. Vol 1 hal 3

Artikel Terkait

Laporan Praktikum Silvikultur Suksesi Primer dan Suksesi Sekunder
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda Untuk Meningkatkan Kualita Blog Ini Dengan Cara : Tidak Spam dan Berkatalah yang Sepantasnya.