Friday, February 24, 2017

Laporan Praktikum Ekologi Hutan Analisis Vegetasi Metode Kuadrat

LAPORAN PRAKTIKUM EKOLOGI HUTAN
ANALISIS VEGETASI METODE KUADRAT


ANALISIS VEGETASI METODE KUADRAT


Tujuan

Mengetahui struktur kuantitatif komunitas pohon bedasarkan spesies penyusun dan INP-nya

Dasar Teori

Analisis vegetasi merupakan cara yang dilakukan untuk mengetahui seberapa besar sebaran berbagai spesies dalam suatu area melaui pengamatan langsung. Analisis vegetasi dilakukan dengan membuat plot dan mengamati morfologi serta identifikasi vegetasi yang ada. Kehadiran vegetasi pada suatu landscape akan memberikan dampak positif bagi keseimbangan ekosistem dalam skala yang lebih luas. Secara umum peranan vegetasi dalam suatu ekosistem terkait dengan pengaturan keseimbangan karbon dioksida dan oksigen dalam udara, perbaikan sifat fisik, kimia dan biologis tanah, pengaturan tata air tanah dan lain-lain. Meskipun secara umum kehadiran vegetasi pada suatu area memberikan dampak positif, tetapi pengaruhnya bervariasi tergantung pada struktur dan komposisi vegetasi yang tumbuh pada daerah itu. Pada umumnya analisis vegetasi dibedakan atas analisis vegetasi kualitatif dan kuantitatif (Surasana, 1990).

Bentuk petak contoh yang dibuat tergantung pada bentuk morfologis vegetasi dan efisiensi sampling pola penyebarannya. Misalnya untuk vegetasi rendah, petak contoh berbentuk lingkaran lebih menguntungkan karena pembuatan petaknya dapat dilakukan secara mudah dengan mengaitkan seutas tali pada titik pusat petak. Selain itu, petak contoh berbentuk lingkaran akan mcmberikan kesalahan sampling yang lebih kecil daripada bentuk petak lainnya karena perbandingan panjang tepi dengan luasnya lebih kecil. Tetapi dari segi pola distribusi vegetasi, petak berbentuk lingkaran ini kurang efisien dibanding bentuk segiempat. Sehubungan dengan efisiensi sampling banyak studi yang dilakukan menunjukkan bahwa petak bentuk segiempat memberikan data komposisi vegetasi yang lebih akurat dibanding petak berbentuk bujur sangkar yang berukuran sama, terutama bila sumbu panjang dari petak tersebut sejajar dengan arah perubahan keadaan lingkungan atau habitat. Pada umumnya dilakukan jika hanya vegetasi tingkat tanaman saja yang menjadi bahan penelitian, metode kuadrat lebih digunakan karena dengan metode tersebut lebih mudah dan lebih cepat digunakan untuk mengetahui komposisi, dominansi vegetasi dan menaksir volumenya (Kusmana. 1997).

Vegetasi merupakan kumpulan tumbuh-tumbuhan, biasanya terdiri dari beberapa jenis yang hidup bersama-sama pada suatu tempat. Dalam mekanisme kehidupan bersama tersebut terdapat interaksi yang erat, baik diantara sesama individu penyusun vegetasi itu sendiri maupun dengan organisme lainnya sehingga merupakan suatu sistem yang hidup dan tumbuh serta dinamis (Marsono, 1977).

Baca Juga : Laporan Praktikum Ekologi Hutan Analisis Vegetasi Metode Kuadran

Plot sampel yang permanen telah terbukti sangat bermanfaat untuk menginvetarisir spesies tumbuhan dan memonitor dinamika hutan dalam suatu rentang. Inventarisasi kuantitatif dengan menggunakan plot sampel permanen (PSP) juga telah banyak diterapkan di hutan-hutan di Indonesia, akan tetapi sebagian merupakan informasi yang sangat penting dalam perencanaan kegiatan manajemen dan restorasi kawasan hutan (Sutomo, 2012).

Sistem analisis pada praktikum ini adalah dengan metode kuadrat: Keragaman spesies dapat diambil untuk menanadai jumlah spesies dalam suatu daerah tertentu atau sebagai jumlah spesies diantara jumlah total individu dari seluruh spesies yang ada. Hubungan ini dapat dinyatakan secara numeric sebagai indeks keragaman atau indeks nilai penting. Jumlah spesies dalam suatu komunitas adalah penting dari segi ekologi karena keragaman spesies tampaknya bertambah bila komunitas menjadi makin stabil (Michael, 1995).

Alat dan Bahan

Alat:

1. Kompas
2. Tali
3. Meteran kecil
4. Alat tulis
5. Kertas

Bahan:

1. Komunitas tumbuhan spesies pohon berdiameter ≥ 10 cm (keliling ≥ 31,4)

Cara Kerja

1. Lokasi kuadrat yang akan digunakan untuk lokasi pengamatan ditentukan secara sistematik.
2. Empat buat petak ukur dengan ukuran 10 m x 10 m dibuat secara berurutan.
3. Dalam setiap kuadrat atau petak ukur, setiap spesies pohon berdiameter > 10 cm (keliling 31,4 cm) diidentifikasi namanya dan diukur keliling setinggi dada.
4. Pada saat yang sama, jumlah spesies kumulatif dicatat.
5. Setelah jumlah spesies kumulatif tidak mengalami perubahan secara nyata atau tidak ada lagi kuadrat yang bisa dibuat, pengambilan data dihentikan.
6. Keliling setinggi dada kemudian diubah menjadi LBDS dengan rumus LBDS = (keliling)2 / 4phi
7. Kemudian dilakukan perhitungan untuk mendapatkan INP tiap jenisnya

Daftar Pustaka

Kusmana, C. 1997. Metode Survey Vegetasi. PT Penerbit Institut Pertanian Bogor. Bogor
Marsono, DJ. 1977. Deskripsi Vegetasi dan Tipe-tipe Vegetasi Tropika. Yayasan Pembina Fakultas Kehutanan. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.
Michael, P.1994. Metode Ekologi untuk Penyelidikan Lapangan dan Laboratorium. UI Press. Jakarta.
Surasana, Syafei Eden. 1990. Pengantar Ekologi Tumbuhan. ITB. Bandung.
Sutomo. 2012. Studi Awal Komposisi dan Dinamik Vegetasi Pohon Hutan Gunung Pohen Cagar Alam Batu Gahu Bali. Jurnal Bumi Lestari, Volume. 12 No. UPT-BKT Kebun Raya “Eka Kaya”

Artikel Terkait

Laporan Praktikum Ekologi Hutan Analisis Vegetasi Metode Kuadrat
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda Untuk Meningkatkan Kualita Blog Ini Dengan Cara : Tidak Spam dan Berkatalah yang Sepantasnya.