Thursday, January 18, 2018

Laporan Praktikum Pemanenan Hasil Hutan Pengamatan Waktu Kerja

Laporan Praktikum Pemanenan Hasil Hutan
Pengamatan Waktu Kerja


Tujuan


  1. Mempelajari cara-cara waktu pengamatan kerja (time study)
  2. Dapat melaksanakan pekerjaan pengamatan waktu kerja hingga mendapatkan data-data terukur dari suatu pekerjaan


Dasar Teori

Barangkali bagian yang paling penting tetapi justru yang paling sulit didalam pelaksanaan pengukuran kerja adalah kegiatan evaluasi kecepatan atau tempo kerja operator pada saat pengukuran kerja berlangsung. Kecepatan, usaha, tempo, ataupun performance kerja semuanya akan menunjukkan kecepatan gerakan operator pada saat bekerja. Aktifitas untuk menilai atau mengevaluasi kecepatan kerja operator ini dikenal sebagai Rating Performance. Secara umum kegiatan rating ini dapat didefinisikan sebagai a process during which the time study analyst compare yhe performance (speed or tempo) of the operator under observation with the opserver’s own concept of normal performance (Wignjosoebroto, 1992).

Kegiatan pelaksanaan kerja, kegiatan evaluasi kecepatan, dan waktu kerja operator merupakan bagian paling penting dan paling sulit dalam pelaksanaan pengukuran kinerja operator saat kegiatan berlangsung. Kecepatan, usaha, jarak, ataupun kinerja kerja lainnya akan memberikan kecepatan gerakan operator pada saat bekerja. Aktivitas untuk menilai atau mengevaluasi kecepatan kerja operator dikenal sebagai peringkat kinerja (Sutalaksana, 2006).

pengukuran kerja pada dasarnya merupakasuatu usaha untuk menentukan lamanya waktu kerja yang dibutuhkan oleh seorang operator atau pekerja yang terlatih untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang spesifik pada tingkat kecepatan kerja yang normal, dan dalam lingkngan kerja yang terbaik pada saat itu. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengukuran waktu kerja yang akan  dilakukan menggunakan mtode pengukuran waktu kerja secara langsung. Pengukuran waktu kerja secara langsung dapat dilakukan dengan 2 metode yaitu metode jam henti (stopwatch) dan work sampling (Sukma, 2013).

Alat dan Bahan


  1. Data sekunder penebangan
  2. Data sekunder penyaradan
  3. Data sekunder pengangkutan
  4. Stop watch
  5. Blangko pengamatan
  6. Alat tulis
  7. Kalkulator


Cara Kerja

Dimulai dari menyusun elemen kerja, yang terdri dari elemen utama dan allowance. Selanjutnya menghitung waktu standar dan waktu normal. Diakhiri dengan membuat prestasi kerja elemen utama dan allowance

Daftar Pustaka

Sukma, Novita. 2013. Analisis Pengukuran Waktu Kerjadengan Metode Pengukuran Kerja Secara Langsung pada Bagian Pengemansan PT JAPFA COMFEED INDONESIA Tbk. Jurnal Lulusan TIP FTP UB. Vol 1, hal 3
Sutalaksana,  Iftikar Z., dkk. 2006. Teknik Perancangan Sistem Kerja. Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Wignjosoebroto, Sritomo. 1992. Teknik Tata Cara dan Pengukuran Kerja. Surabaya: Guna Widya.

Artikel Terkait

Laporan Praktikum Pemanenan Hasil Hutan Pengamatan Waktu Kerja
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda Untuk Meningkatkan Kualita Blog Ini Dengan Cara : Tidak Spam dan Berkatalah yang Sepantasnya.