Saturday, April 22, 2017

Jenis Reaksi, Proses, dan Faktor Luar yang Mempengaruhi Fotosintesis

Jenis Reaksi, Proses, dan Faktor Luar yang Mempengaruhi Fotosintesis

Reaksi Fotosintesis

Secara sederhana reaksi kimia fotosintesis ditulisakna sebagai berikut:
6 CO2 + 6 H2O =>(CAHAYA)=> C6H12O6 + 6 O2
Dari reaksi tersebut, fotosintesis pada dasarnya terdiri atas dua reaksi, yakni:
Fotosintesis

Reaksi Cahaya / Terang

Reaksi pengubahan (konversi) energi fisik cahaya matahri menjadi energi kimia dalam bentuk ATP dan NADPH2, reaksi ini dinamakan reaksi cahaya / terang
Reaksi Terang

Reaksi Sintesis

Reaksi penyimpanan tenaga kimia tersebut dalma bentuk ikatan kimia antara atom C yang satu dengan Atom C yang lainnya menjadi glukosa (C6H12O6) yang dinamakan reaksi sintesis

Baca Juga : Respirasi : Pengertian, Respirasi Aerob dan Respirasi Anaerob, dan Proses Respirasi (Ekspirasi dan Inspirasi)

Proses Fotosintesis

Di dalam reaksi cahaya, fotosisitem II sebagai unit pigmen hijau daun pada siang hari menyerap cahaya matahari sehingga mengalami eksitasi dan melepaskan 2 elektron. Untuk menukar 2 eletron yang dilepaskan dari fotosistem II, terajdi pemecahan molekul air (fotolisis air / reaksi hill). Didalam fotolisis, apabila 2 mol air dipecah maka akan dihasilkan 4 ion H+ , 4 e- , dan 2 atom O yang akan menjadi molekul O2. Molekul O ini akan dilepaskan ke atmosfer.

Tanaman didalam Air

Bila tanamannya terendam dalam air, maka O2 tersebut akan keluar sebagai gelembung udara. Dengan pulihnya jumlah elektron pada fotosistem II, maka transfer elektron di dalam reaksi cahaya dapat berlanjut sehingga menghasilkan ATP dan NADPH.

Kegunaan ATP dan NADPH

ATP dan NADPH yang dihasilkan dari reaksi cahaya akan digunakan untuk mereduksi CO2 menjadi glukosa. Dalam jumlah besar, glukosa di alam daun akan mengalami kondensasi menjadi amilium yang dengan pengecata J-KJ akan berwarna biru gelap. Bila sebagian daun tidak terkena cahaya matahati, maka bagian daun tersebut tidak akan berfotosintersis, sehingga tidak terdapat amilium di dalamnya. Akibatnya bila bagian daun tersebut dicat dengan J-KJ, tidak berwarna biru gelap.


Faktor Luar yang Mempengaruhi Fotosintesis

Faktor luar yang mempengaruhi laju fotosintesis adalah:

Intensitas Cahaya

Sampai batas-batas tertentu, kenaikan intensitas cahaya dapat menaikkan laju reaksi cahaya.

Kadar CO2.

Demikian juga kenaikan kadar CO2 di atmosfer, bila stomata terbuka dapat menaikkan difusi CO2 ke dalam daun, yang selanjutnya menaikkan kadar CO2 di dalam kloroplas, sehingga akan menaikkan laju fotosintesis.

Daftar Pustaka
Tim Penyusun. 2014. Buku Petunjuk Praktikum Biologi Umum. Fakultas Biologi UGM. Yogyakarta

Artikel Terkait

Jenis Reaksi, Proses, dan Faktor Luar yang Mempengaruhi Fotosintesis
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda Untuk Meningkatkan Kualita Blog Ini Dengan Cara : Tidak Spam dan Berkatalah yang Sepantasnya.